Bhabinkamtibmas Desa Arok Ajak Peternak Lebih Tanggap Terhadap PMK

 

Polres Bangkalan, Belum sepenuhnya usai dengan wabah Covid-19, kini diterpa dengan wabah PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) yang dialami oleh hewan ternak.


Menyikapi hal tersebut, Polres Bangkalan gerak cepat tanggap menyikapi wabah yang disebabkan oleh virus tersebut dengan melakukan penyisiran terhadap sejumlah peternakan di wilayah Kabupaten Bangkalan.

Seperti yang dilakukan oleh Anggota Polsek Burneh yang  melakukan pemantauan dengan sasaran ke Desa Arok, Kecamatan Burneh, Kabupaten Bangkalan.

Hari ini (Minggu, 12/6/2022) anggota mendatangi pemilik Sapi Ibu. Surtiyeh, selalin melakukan monitoring terhadap kondisi fisik dan kebersihan kandangnya, namun juga melakukan sosialisasi, memberikan pemahaman terkait penyakit PMK agar pemilik sapi menjadi tahu dan sigap apa yang harus dilakukan jika hewan peliharaanya ada yang terindikasi.

"Saya sampaikan bahwa ada program dari Dinas Peternakan Kabupaten Bangkalan yang diberi nama yaitu Menawan Hati atau yang disebut Memeriksa dan mengobati hewan secara gratis, Jadi pemilik sapi tidak perlu khawatir," ucap Bripka Hendra.


Lanjut Bhabinkamtibmas Desa Arok menerangkan kepada pemilik sapi bahwa pemeriksaan sebelum dilakukan pemeriksaan, Polsek mendampingi Dinas Peternakan mengharapkan peternak menjadi tanggap cara mengatasi jika PMK menyerang hewan ternaknya.

"Sebelum dilakukan pemeriksaan dan penyuntikkan terlebih dahulu, kami mendampingi Dispertanak  lakukan sosialisasi kepada pemilik terkait penyakit mulut dan kuku agar pemilik sapi menjadi tahu dan sigap apa yang harus dilakukan jika hewan peliharaanya ada yang terindikasi seperti itu. Apalagi sudah ada Tim Menawan Hati, Semoga upaya yang kita lakukan membawa hasil yang baik dan bermanfaat bagi seluruh pelaku usaha peternakan di Kabupaten Bangkalan dan semoga wabah PMK ini segera berlalu," ucap Hendra.

(tan)

Komentar